Kultur Budaya Masyarakat Batam

Penduduk asli Batam adalah Melayu , namun dengan pesatnya pertumbuhan dan pembangunan di Batam, berbagai kelompok etnis dari seluruh Indonesia telah datang ke sini untuk mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik . Secara tradisional , sebagian besar masyarakatnya tinggal di daerah pesisir , ada juga yang tinggal di atas laut dengan mendirikan tempat tingal, ada juga yang tinggal di atas perahu.  Bahasa Indonesia ‘ adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi di Pulau Batam, dan banyak juga yang menggunakan bahasa inggris untuk keperluan bisnis bertransaksi dengan negara singapura.

Budaya Melayu dan Islam , adalah akar budaya lokal, Beberapa tarian tradisional yang paling populer adalah Tari Jogi , Tari Zapin yang mencerminkan pengaruh Arab yang kuat , Tari Persembahan  untuk menyambut tamu terhormat dan Tari Ronggeng.

Tapi budaya lain juga turut berkontribusi di Batam , pada Padepokan Seni di Sekupang kita dapat melihat seni dan kerajinan dari seluruh Indonesia serta berbagai macam pertunjukan  yang dipentaskan setiap hari bagi para pengunjung dan wisatawan. Pusat seni lain di Sekupang adalah ” Desa Seni ” desa seni rupa Indonesia  yang tujuan utamanya adalah untuk menjaga melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia.

http://www.youtube.com/watch?v=7MasFmJBp6A

Tidak ada Kata kunci